Yadana Shmi Pagoda pagoda yang terlupakan


agoda tua dan bagian candi di Yadana shim pagoda

agoda tua dan bagian candi di Yadana shim pagoda

Kami melanjutkan perjalanan ke tempat berikutnya dalam perjalanan kami berpapasan dengan beberapa kereta kuda berisi turis.awalnya kami mengira pengendara kereta kuda kami juga akan searah dengan kereta kuda didepan karena satu paket ternyata perkiaraan kami keliru kereta kuda yang kami naiki justru berbelok ke sebuah reruntuhan bangunan mirip pagoda.

dari jalan umum terdapat jalan kecil yang cukup dilewati satu kereta kuda disekitar banguanan ini terlindung oleh rimbunnya pepohonan  yang menaunginya.kami berjalan menuju bangunan tersebut dan semakin dekat kami dapat melihat bangunan ini merupakan kelompok bangunan pagoda kecil terbuat dari batubata merah berjumlah sekitar 5 buah.

selain pagoda juga ada bangunan lainnya.tidak seperti  Maha Aungmye Bonzan dan Menara Namyin yang memiliki keterangan mengenai bangunan seperti nama bangunan,sejarah dan peristiwa yang berkaitan dengannya di bangunan ini tidak ada papan bertuliskan informasi seperti itu hanya ada tulisan berbahsa Myanmar di tembok luar tanpa terjemahan bahasa inggris yang jelas tidak kami mengerti.

masuk kedalam kawasan ini kami bertemu seorang pelukis yang sedang menyelesaikan lukisannya nampak didekatnya beberapa lukisan yang sudah selesai objek lukisannya berupa alam(gungung,sawah,petani,kerbau ciri khas gambaran pedesaan) maupun bertema keagamaan berupa lukisan candi serta pagoda dan keseharian hidup rakyat Myanmar.

kami berbicara dengan pelukis ini dan darinyalah kami thau nama tempat ini adalah pagoda Yadana Shmi kami tidak sempat bertanya lebih jauh mengenai sejarah tempat ini karena tidak ingin menggangu kesibukannya melukis.meski tidak utuh lagi namun masih ada beberapa bangunan yang masih kokoh berdiri

bangunan sisa candi

bangunan sisa candi

diantaranya sebuah bangunan berupa tembok yang memliki pintu dan atapnya berbentuk mirip pagoda dengan hiasan diujungnya kami sempat melihat kedalam dan relung ini kosong biasanya diletakkan patung budha dalam relung tersebut.

sebuah pagoda dari batu bata merah yang masih utuh namun tidak memiliki pintu maupun relung menaruh patung budha bentuk pagoda ini mirip dengan bentuk pagoda inley shwe inn dein di danau inle.

sebuah bangunan mirip candi saat.kami melihat kedalam terdapat patung budha dalam posisi duduk diatas meja terbuat dari batubata.disalah satu pagoda dibagian belakangnya kami mendapatkan patung budha terbuat dari batu dalam posisi duduk diatas singgasana dari batubata kami berdiri didekatnya dan ternyata tinggi patung ini melebihi tinggi kami.

patung budha dan pohon ratusan tahun

patung budha dan pohon ratusan tahun

terdapat patung budha kedua lokasinya disamping pohon besar berbatasan dengan tembok yang memisahkan komplek pagoda ini dengan kebun dibelakangya melihat dari akar-akarnya yang besar dan muncul diatas permukaaan tanah usia pohon ini sudah tua mungkin setua komplek pagoda ini.

kearah kiri dari pagoda-pagoda dan patung-patung budha ini terdapat reruntuhan bangunan cukup luas dengan banyak pintu kami tidak masuk kedalam namun dengan melihat dekat dari pintu masuk tidak ada apa-apa disini baik patung budha maupun benda lainnya yang Nampak hanyalah rumput yang meninggi dan lebat didalam bila melihat ini dulunya pagoda bangunan yang kini tidak terurus ini kemungkinan besar adalah biara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s