Wisata Kabupaten Lahat sumatra selatan


Wisata Kabupaten Lahat sumatra selatan

Propinsi sumatra selatan memiliki banyak tempat wisata yang menarik baik Sejarah alam maupun Budaya salah satunya Kabupaten Lahat yang berbatasan dengan Propinsi Bengkulu. Kabupaten Lahat sebagian wilayahnya merupakan dataran tinggi karena dilintasi pegunungan bukit barisan dengan Gunung Dempo sebagai puncaknya.
Kabupaten Lahat memiliki tujuan wisata seperti gunung Dempo,Peninggalan megalith ,air terjun dll.


1.Gunung Dempo
Gunung Dempo merupakan tujuan wisata yang paling terkenal dari kabupaten Lahat Gunung Dempo termasuk wilayah kota pagaralam. kota pagaralam dapat ditempuh dengan berkendara selama 6-7 jam dari Ibukota propinsi Sumatra selatan Palembang .
Wisatawan dapat menyewa kendaraan dari Kota Palembang maupun menggunakan bus dan angkutan umum dari terminal bis di kota palembang sepanjang perjalanan wisatawan akan menikmati pemandangan berupa hijaunya gunung dan perbukitan,sungai,persawahan dan perumahan warga

Jalan yang dilalui merupakan jalur penghubung propinsi Sumatra Selatan dengan propinsi Bengkulu dan banyak dilewati bus-bus antar propinsi serta truk pengangkut komoditi maupun truk trailer kondisi jalan yang dilewati bagus dan cukup lebar dua arah saat malam ketika lampu penerangan dinyalakan merupakan pemandangan yang indah dengan latar belakang kawasan perbukitan bukit barisan

Foto Rumah Penginapan Di Gunung Dempo


Terdapat banyak pilihan menginap di Gunung Dempo bagi wisatawan dari jenis backpacker maupun keluarga dengan sarana dan fasilitas serta harga yang beragam
Salah satu pilihan wisatawan menginap di sini adalah Villa Gunung gare yang terletak dibawah kaki gunung Dempo. dari sini gunung Dempo yang menjulang tinggi perkasa nampak terlihat jelas.villa gunung gare memiliki beberapa tipe kamar maupun rumah dengan gaya bangunan adat Sumatra Selatan bergaya panggung yang tepat dihuni oleh rombongan besar maupun keluarga Villa gunung gare dulunya tempat penyelenggaraan MTQ sehingga tidak mengherankan kondisinya terawat baik.

Foto Sunrise Di Gunung Dempo

Di belakang Villa Gunung Gare merupakan perkebunan teh yang dikelola PTPN.pilihan terbaik bagi pecinta wiastawan mengambil foto adalah pagi hari saat matahari baru terbit dengan Genung Dempo sebagai latar belakang dan kabut yang menyelimutinya perlahan-lahan terhapus maupun sore hari saat matahari terbenam pengunjung dapat menelusuri jalan kecil di perkebunan teh dan menghirup aroma pagi yang menyegarkan.bagi yang menyukai trekking atau pendakian gunung juga menjadikan gunung Dempo sebagai tujuan mereka.

2.Peninggalan Megalith
Terdapat beberapa peninggalan megalith di Kabupaten Lahat baik yang sudah dikelola pemerintah setempat maupun yang belum dikelola pemerintah beberapa diiantaranya

1.Batu Manusia Dililit Ular


Batu Manusia di lilit Ular terletak tidak terlalu jauh dari Villa Gunung gare masih dalam wilayah kota Pagaralam tepatnya Desa Tanjung Aro dengan Gunung Dempo berada di kejauhan .jalan menuju lokasi ini cukup lebar untuk 2 kendaraan lokasi jalan juga bagus namun sediki berkelok-kelok mengikuti alur perbukitan dengan pemandangan kiri-kanan pepohonan yang rindang serta areal perkebunan warga dan sedikit rumah warga. lokasi arca tepat ditengah persawahan penduduk.terdapat papan pengumuman di tepi jalan

keterangan mengenai arca ini diceritakan dahulu kala ada sepasang kekasih yang melakukan perbuatan yang terlarang secara adat sehingga alam pun murka keduanya dilit ular dan kemudian membatu hingga saat ini. bila kita perhatikan secara seksama di batu ini terdapat bentuk anak manusia yang berpelukan dan ular yang melilitnya seiring berjalannya waktu ukirannya tidak begitu jelas lagi sayangnya jalan menuju arca ini harus melewati areal persawahan dan hanya dilindungi pagar besi tanpa penutup guna menghindari hujan maupun panas dan tidak adany petugas yang mengawasi peninggalan bersejarah ini.

Foto Kubur Batu Megalith

B.Rumah Batu

Yang terletak di desa Kota Raya Lembak kecamatan Pajar Bulan tidak jauh dari lokasi arca dililit ular lokasinya terdapat di sekitar pemukiman warga.asli dengan rumah panggunnya.yang tersisa kini adalah pondasi rumah dari batu-batu besar dan terdapat pagar kayu yang mengelilinginya sayangnya sama seperti di lokasi pertama tidak ada petugas dinas kebudayaan disini kunci masuk dipegang kepala desa yang bersangkutan.


C.Air Terjun

Terdapat beberapa air terjun yang sayang jika dilewatkan untuk dikunjungi seperti air terjun Lawang agung air terjun Bidadari karena keindahan panorama alam dan airnya yang jernih di desa karang dalam kecamatan pulau pinang dan 3 air terjun lainnya air terjun naga bujang gadis, air terjun sumbing dan lokasinya mudah dicapai terletak tidak jauh dari jalan raya pengunjung akan melewati jembatan yang melintasi sungai yang cukup lebar dan terhibur dengan hijaunya pohon-pohon disisinya pengunjung dapat menikmati keindahan keempat air terjun ini.

Foto Batu Penyumpahan Atung Bungsu


D.Batu Penyumpahan Atung Bungsu

Terletak tidak jauh dari lokasi air terjun kondisi jalan berbukit kondisi jalannya relatif lebih sempit dan agak menurun dari jalan.kawasan ini dinaungi kerindangan pohon bambu dan dialiri sungai kecil terdapat batu besar yang dipercaya dulunya tempat menambatkan tali jangkar perahu seorang tokoh sakti.tidak jauh dari lokasi terdapat makam tokoh sakti tersebut dalam sebuah rumah yang dipagar dan dikunci dan terdapat tulisan yang ditulis dalam batu bertulis batu penyumpahan atung bungsu.


E.Kawasan Megalith Pulau Pinang

sepintas mendengar namanya kita tentu menyangka lokasi ini terletak di sebuah pulau padahal sebenarnya tidak justru terletak di lapangan yang luas kawasan ini sangat luas terdapat beberapa batu megalith yang bersala ribuan tahun lalu disini seperti batu megalith berbentuk seorang wanita setinggi lebih duakali manusia,berbentuk manusia,berbentuk katak sedang duduk,orang tua sedang duduk setinggi manusia,batu panjang yang dipercaya dulunya sarkofagus atau kubu batu.khusus di pulau pinang peninggalana megalithikum disini cukup terawat dengan adanya penjaga sekaligus guide dan seluruh batu megalith telah dipagari dan dilindungi penutup selain itu warga sekitar juga mengerti dan senang hati menunjukkan kepada pengunjung arah menuju lokasi namun lokasi jalan nampaknya harus diperhatikan kareana kondisi jalan yang kadang berbatu serta sempit hanya cukup satu kendaraan saja yang lewat.

Foto Gunung Jempol Bukit Salero


F.Bukit Salero dan sungai Lematang

terletak di jalur darat dan para wisatawan akan melewatinya dalam perjalanan menuju ke kawasan megalith Pulau Pinang terletak di Desa Perangai Kabupaten Lahat bukit salero terkenal karena bentuk puncaknya yang menyerupai jempol sehingga disebut juga gunung Jempol,dibawah bakitt salero dialiri sungai Lematang.bukit salero sendiri merupakan bagian pegunungan bukit barisan yang membentang melintasi propinsi sumatra Barat,Sumatra selatan serta Propinsi Bengkulu.

Cara Mencapai
Wisatawan dapat mencapai Lahat dan obyek wisatanya seperti Pagaralam,Gunung Dempo,Megalith Pulau Pinang dari Kota Palembang maupun dari kota bengkulu tapi akan lebih dekat dari Propinsi Bengkulu.
Wisatawan dapat menggunakan transportasi udara dan mendarat di bandara Sultan Mahmud Badarrudin II kemudian melanjutkan perjalanan dengan mobil sewaan tarif sewa berkisar Rp 400.000,–Rp 500.000,-/hari.
Wisatawan dapat juga menggunakan kendaraan umum berupa bus dari terminal bus kota Palembang .
Perjalanan menuju Lahat membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam.
Terdapat banyak tempat makan maupun restoran serta pom bensin tapi akan lebih aman sebelum memasuki Lahat wisatawan sebaiknya mengisi penuh bensin karena begitu memasuki Lahat terutama di derah tempat peninggalan megalith sulit didapatkan pom bensin.
Terdapat banyak penginapan di Gunung Dempo dengan berbagai harga maupun kenyamanan salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Villa Gunung Gare kisaran dari Rp 200.000,–Rp 800.00,-/malam

18 thoughts on “Wisata Kabupaten Lahat sumatra selatan

  1. aslmkum…mas mau tanya apakah d puncak bulit saliro/gunung jempol bisa d dirikan tenda dan adakah akses jalan menuju ke puncak bukit tersebut….terimakasih..rafie,,surabaya….@rafie_prayoga@yahoo.co.id(facebook)

    • halo Bapak Chabum Bieber banyak tempat wisata di daerah Pagaralam dan lahat.dalam perjalanan dari Kota palembang kita bisa mengunjungi dan bagi pecinta alam bisa menginap atau trekking di Gunung salero bentuk gunungnya mirip Jempol,selain perkebunan teh tempat kami menginap di Pagaralam banyak terdapat peninggalan megalithikum disana

  2. ass,
    saia sma rmbongan rncna_y akhir pekan nie mw ke pagar alam, klw mw pesen vila d gunung gare menghubngi kmn mas….?

  3. sekedar bantu sedikit informasi,, Kalo naek kereta dr palembang kelahat 5 jam perjalanan terakhir stop di lahat krn utk akses kereta selanjutnya lgs ke lubuk linggau, jd utk mau ke pagaralam cukup turun di stasiun KA Lahat kemudian 100 M kota lahat trs tunggu bus angkutan ke pagaralam baisanya setiap jam pasti lewat

  4. salam lestari om🙂
    Saya mau tanya om, akses yg mudah kalo mau k bukit serelo itu dengan cost yg minim itu dr mana saja om dan dengan menggunakan transportasi apa ? Posisi saya sekarang di jawatimur om… trims om

    • salam mas maaf baru jawab saying sekali saat itu kita hanya ambil foto gunung salro dari jauh
      kita tidak ke gunung salero menurut driver kami saat itu harus siapkan waktu agak lama kalau mau trekking kesana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s